28 April 2009

Bacaan baru-baru ini

Lewat tulisan hari ini aku ingin menggambarkan tentang cerita di balik cerita ketika pertama sekali aku bertemu dengan "dia" lewat buku nya yang berjudul cinta tak pernah tepat waktu.
Tidak ada yang spesial dengan buku itu kecuali judulnya yang memang mempesona, dan nama pengarangnya yang menurutku aneh! Agak kebali-bali-an, seperti percampuran antara Putu dan Kethut yang akhirnya menjadi Puthut. joke!

Jadi waktu itu aku sedang membaca blog salah seorng teman yang aku juga tdk tau pasti dia itu siapa, dan dalam salah satu tulisannya, dia menyebutkan sedang membaca buku karyanya yg berjudul cinta tak pernah tepat waktu.. aku penasaran!
Padahal waktu itu aku cuma melihat judul bukunya, bahkan sinopsis nya saja aku gak tau, tapi entah kenapa seperti ada ketertarikan yang begitu besar, aku mulai mencari tau tentang buku itu.
Hari pertama aku mencari buku itu di beberapa toko buku yang ada di kota kecil ku..maklum, di daerah kecil seperti ini, tidak ada gramedia, dan akhirnya aku terpaksa pulang dengan tangan kosong dan sedikit harapan akan menemukannya lain waktu.
Hari kedua, aku pasang strategi baru, aku menuliskannya di facebook, menuliskan tentang keinginanku untuk membaca buku itu, dengan harapan teman2ku di seluruh penjuru dunia:p gak dink! teman2 di wilayah jakarta dan sekitarnya bisa meminjamkannya untuk ku..
satu......dua......tiga.......sampai tujuh hari berlalu tanpa ada kabar yang pasti, sampai kemudian disuatu sore, salah seorang mahasiswa ku menelpon dan mengatakan ia melihat buku itu, tingggal satu!! maka aku pun bergegas kesana, dan dapet!!!

malam itu, aku langsung membacanya, entah kenapa kali ini kemampuan membaca cepat ku berkurang drastis karena aku benar2 tidak ingin menamatkannya..aku menghematnya, menikmatinya lembar demi lembar... mencicipinya dengan imajinasiku sendiri, dan memuaskan diri ku lewat kata demi kata yang tertulis disana.. (dan ini salah satu dampak dari penghayatan yang begitu dalam itu, bahasaku tulisku kok jadi seperti menyerupai Puthut!)
Setelah membaca beberapa halaman baru aku sadar apa yg membuat aku begitu tertarik membaca buku ini, rupanya si penulis dengan sangat tegas dan lancang sudah merobek-robek semua perasaan yang berusaha aku tutupi rapat2 selama ini.. apalagi pada halaman 100-145an, emosi ku benar2 di buat naik turun, waktu itu aku merasa si penulis benar2 jahat!

sempat terbersit ingin berhenti dan meletakkan buku itu jauh-jauh dari jangkauanku.. tp aku berpikir, si penulis harus bertanggung jawab atas perasaan ini, setelah "dia" mengungkit2 nya, sudah seharusnya di akhir buku "dia" berkewajiban untuk memberi ketenangan kembali.. jd aku tetap membaca buku itu sampai selsai, dan trimakasih ternyata dia memang orang yang bertanggung jawab, "dia" meletakkan kembali perasaan itu pada tempatnya bahkan "dia" berhasil membuat itu menjadi lebih baik..

Benar-benar tulisan yang menginspirasi orang lain untuk tidak lari dari permasalahannya..

3 comments:

  1. pinjam lah nda bukunya :p

    ReplyDelete
  2. duniamu membuat ku penasaran?? akankah kucoba luangkan waktu untuk turut memburu buku tak berarti itu hanya untuk mengetahui apa yang telah orangorang perbuat kepadamu beib???
    *lebai banget bahasa gw..

    ReplyDelete
  3. duniamu membuat ku penasaran?? akankah kuluangkan juga waktuku hanya untuk memburu buku takberarti itu hanya untuk mengetahui apa yang telah orangorang perbuat kepadamu beib??
    *leai banget bahasa gua..

    ReplyDelete